Manfaatkan Pekarangan, Pawon Urip Tandur Makmur Jadi Sarana Edukasi Warga

Pawon urip
Ketua PKK Desa Babakan bersama anggota saat mendata tanaman
Babakan, Lumajang - Pawon Urip Tandur Makmur yang ada di Desa Babakan, Kecamatan Padang tidak sekedar memanfaatkan lahan pekarangan yang nganggur. Tetapi juga sebagai sarana untuk mengedukasi warga.

Sedikitnya ada sekitar 50 jenis tanaman yang ditanam di lahan basah dan polibag. Seperti jenis sayur mayur dan berbagai tanaman obat keluarga (toga).

Ketua PKK Desa Babakan, Azizatul Chunaenah, S.Pd.I mengatakan, pawon urip yang dikelolanya itu sebagai stimulan (pemicu gairah) bagi masyarakat agar timbul kegemaran merawat tanaman. Khususnya tanaman untuk kebutuhan dapur.

Dengan memanfaatkan pekarangan atau pun lahan tritisan rumah yang terbatas, bisa menekan biaya kebutuhan dapur. Apalagi kebutuhan dapur acapkali naik, dan memberatkan ibu-ibu rumah tangga.

"Ini hanya sebagai contoh, agar bisa ditiru di rumah masing-masing. Jika sudah saatnya panen, ibu-ibu bisa memanfaatkan untuk kebutuhan dapur, tapi jangan sampai merusak," tutur Aziza kepada babakanmaju.com, Senin (1/8/22).

Tanaman yang ada di pawon urip, tentunya jauh lebih sehat dan segar. Sebab tidak menggunakan pupuk kimia dan pestisida.

Meski perkembangan tanamannya tidak sebagus di lahan yang menggunakan kimia, tetapi dari segi kesehatannya jauh lebih terjamin.

"Dengan pawon urip ini kita belajar merubah pola hidup kita, yaitu kembali ke tanaman organik. Jika ada yang sakit dan butuh tanaman obat, bisa ambil di lahan pawon urip," ucapnya. (iki)