Pemasangan Bantuan Saluran Air Bersih Bakal Rampung Dalam Waktu Dekat

Pemasangan watermeter
Pemasangan bantuan saluran air bersih
Babakan, Lumajang - Pemasangan watermeter saluran air bersih gratis untuk keluarga kurang mampu, kini tinggal 60 saluran yang belum terpasang. Pemasangan saluran baru tersebut diperkirakan bakal selesai akhir bulan Agustus.

Sunandar, salahsatu tukang pemasangan saluran air bersih mengatakan, dari 148 pelanggan baru yang mendapat bantuan, tersisa sekitar 60 titik yang belum terpasang.

Perharinya, paling banyak ada 6 titik saluran yang bisa diselesaikan bersama 4 orang pekerja. Menurutnya, pemasangan tersebut lebih lama jika dibandingkan pemasangan mandiri karena mengikuti prosedur, semisal harus membuat dokumentasi proses pemasangan dari Nol hingga 100 persen.

"Yang bantuan ini lengkap, ada meteran air, pipa besi sampai 1 kran. Bahkan pengecoran dudukan watermeter. Yang lama ini harus difoto bolak balik," ucap Sunandar kepada babakanmaju.com, Jum'at (19/8/22).

Jika pemasangan mandiri, Sunandar mengaku bisa menyelesaikan 8 titik dalam sehari seorang diri. Karena borongan, per titik hanya mendapat upah sekitar 5000 rupiah.

"Selesai semuanya sekitar 2 bulan, sekarang baru 1,5 bulan, itu kalau tidak ada kendala. Rata-rata pemasangan yang ini lebih sulit medannya, bayarannya juga murah," keluhnya.

Meski begitu, pelanggan yang dapat bantuan ada yang bermurah hati dan memberi tambahan sebagai ucapan terimakasih.

Salahsatu penerima bantuan, Nanang Hariwahyudi mengaku senang sudah menerima giliran pemasangan. "Pakai sanyo dari sumur, kalau sumurnya sudah tertutup lantai. Alhamdulillah ini sudah dipasang," tutupnya. (iki)